Minggu, 26 April 2015

Ini tentang, ataukah Semata Kepentingan tak Penting Saja



Eksekusi!

Kalau warga sendiri harus mati
mengapa harus membela warga sendiri di luar negeri
ini tentang martabat bangsa, ataukah semata kepentingan tak penting saja dengan dalih memberantas narkoba.

Kalau yang dipegang tujuan berdasar subjek,  relativitas kebenaran akan semakin 'terang'
bentur kebenaran akan selalu datang. Antar bagian, kelompok atau personal, dengan ukuran yang tak berdasar: ngambang. Kecual dasar otak dan dengkul sendiri.

Warga luar negri di eksekusi. Warga kita dieksekusi, oleh luar di luar negri. Luar-dalam sama salah bagi dasar hukum masing-masing. Mengapa harus saling membela dan saling menyelamatkan warga yang 'pantas mati'. Ini tentang kemanusiaan ataukah semata kepentingan tak penting saja dengan topeng bijaksana.

Eksekusi mati dianggap penting untuk memberantas narkoba. Eksekusi mati dianggap perlu bagi pembunuh sebagai taruhan, an Nafsu bin Nafsi: bagi mereka. Kenapa masih ditunda- asal jangan sampai henti: kasihan yang sudah lebih dulu mati. Inikah benar tentang hubungan diplomasi atau semata tentang canda, menjadi malaikat pencabut nyawa.

Ada yang membela, eksekusi mati melanggar hak asasi: hak untuk hidup. Tapi dimana pembelaan hak penderita narkoba: hak sehat dan hidup nyaman. Ini tentang keadilan ataukah semata kepentingan tak penting saja?

Negriku sangat santun:  menghargai orang tanpa tau bahwa hak sendiri dirampas tak dihargai: kita dipancung saat tidur dan kita sudah mati setelah terbangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar